This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Laman

PETA PENELITIAN PENDIDIKAN KONSENTRASI PEMBELAJARAN PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN


        Setiap tahun sejumlah skripsi dihasilkan di jurusan Teknologi Pendidikan oleh mahasiswanya sebagai syarat kelulusan. Skripsi yang disusun ini bermacam-macam jenisnya, tergantung minat dari mahasiswa yang menulisnya. Karena prodi TP mempunyai tiga konsentrasi, yaitu pengembang kinerja, pembelajaran, serta media, tidak mengherankan jika skripsi yang disusun digolongkan berdasarkan tiga konsentrasi tadi. Setidaknya mahasiswa di tiap konsentrasi yang berbeda dianjurkan menghasilkan skripsi yang sesuai dengan konsentrasinya. Hal ini dapat dimaklumi mengingat mata kuliah yang diambil di tiap konsentrasinya berbeda, kecuali mata kuliah wajib.
Menyusun skripsi meruapakan tugas akhir yang mendebarkan, tidak terkecuali bagi mahasiswa konsentrasi pembelajaran. Sejak skripsi yang merupakan karya tulis ilmiah dihasilkan melalui serangkaian penelitian, mau tidak mau mahasiswa harus melakukan penelitian terlebih dahulu. Sebelum melakukan penelitian tentu mahasiswa harus sudah mempertimbangkan masalah apa yang layak diangkat dan dipecahkan dalam kaca mata penelitian pembelajaran. Terkadang, menggarap sebuah skripsi yang berbau konsentrasi lain dapat menimbulkan kesukaran dalam penyusunannya. Hal ini bisa terjadi karena konsep dasar tiap konsentrasi tidak sepenuhnya dipahami oleh mahasiswa, selain daripada konsentrasi yang diambilnya sendiri. Dengan kata lain, mahasiswa mendapat warning agar setidaknya jangan mengambil ladang penelitian konsentrasi lain. Demikian, tiap skripsi yang dihasilkan oleh mahasiswa prodi TP dapat dengan mudah diidentifikasi  karena mempunyai kekhasan tersendiri.
Mengenai garis besar tema penelitian skripsi pada konsentrasi pembelajaran, dapat dilihat dari berbagai jenis skripsi  yang dihasilkan tiap tahunnya. Dalam kesempatan ini, penulis menyertakan sampel tujuh judul penelitian skripsi mahasiswa prodi TP konsentrasi pembelajaran.

Tabel 1. Contoh Judul-judul Skripsi Mahasiswa Teknologi Pendidikan Konsentrasi Pengembang Pembelajaran


Dari tabel di atas, terlihat bahwa tema atau judul skripsi berkutat pada kurikulum, semisal kurikulum lembaga pendidikan, strategi, pendekatan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, serta pengelolaan pembelajaran.  Jadi, masalah-masalah penelitian yang dikemukakan sebagian besar tidak jauh dari belajar dan pembelajaran, apalagi kurikulum.
 Meski tema besar dari penelitian skripsi adalah kurikulum, tetapi banyak variabel lain yang dieksplorasi oleh mahasiswa. Misalnya saja pada isu pesantren dan homeschooling yang jarang disinggung dalam teknologi pendidikan. Selain itu, bisa jadi pada judul skripsi lain yang tidak disinggung disini mengandung beragam variabel yang variatif. Sementara itu, selama penulis menjelajahi lemari skripsi-skripsi mahasiswa pembelajaran, belum ditemukan variabel lain dalam penelitian yang dianggap melenceng dari pakem skripsi kepembelajaran dalam teknologi pendidikan. Nyatanya, selalu ada hal baru dan inovasi dalam teknologi pendidikan yang layak diteliti oleh mahasiswa konsentrasi pembelajaran.
Mayoritas mahasiswa konsentrasi pembelajaran walaupun bagian dari teknologi pendidikan yang mempunyai tiga konsentrasi yang bisa dieksplorasi, kebanyakan memilih penelitian berbau kurikulum untuk dijadikan skripsi. Tentu, hal ini bisa dimaklumi mengingat adalah keputusan mereka tenggelam lebih dalam konsentrasi pengembang pembelajaran, meski dua konsentrasi lainnya juga terhubung secara paralel dengannya. Selain itu, mahasiswa konsentrasi pengembang pembelajaran dianggap lebih kapabel dalam masalah-masalah pembelajaran, khususnya kurikulum. Hal ini wajar karena selama beberapa semester mereka telah mendalami mata kuliah-mata kuliah wajib konsentrasi.
Mengenai jenis penelitian, penelitian skripsi mahasiswa mayoritas merupakan jenis penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Memang, isi penelitiannya berupa paparan atas masalah yang diteliti. Tetapi, sejak paradigma yang diambil adalah pascapositivistik, maka kajian penelitian skripsi mahasiswa disampaikan secara mendalam. Pascapositivistik mengharuskan peneliti menjelaskan bukan hanya kesimpulan singkat dari data-data kuantitatif, tetapi lebih dari pendalaman data-data kualitatif. Tentang pendekatan positivistik ini, tentu mahasiswa sebagai warga teknologi pendidikan sudah memahaminya melalui sejarah perkembangan teori-teori yang digunakan dalam kajian penelitian teknologi pendidikan. Dengan demikian, hasil penelitian skripsi ini tidak bisa digeneralisasikan untuk kasus penelitian lain.
Berdasarkan pembahasan sebelumnya, penulis perlu mengemukakan beberapa kesimpulan dari upaya pengidentifikasian penelitian skripsi mahasiswa konsentrasi pengembang pembelajaran. Pertama, masalah-masalah penelitian yang dikemukakan sebagian besar tidak jauh dari belajar dan pembelajaran, apalagi kurikulum. Kedua, meskipun tema besar dari penelitian skripsi adalah kurikulum, tetapi banyak variabel lain yang dieksplorasi oleh mahasiswa. Ketiga, mayoritas mahasiswa konsentrasi pembelajaran walaupun bagian dari teknologi pendidikan yang mempunyai tiga konsentrasi yang bisa dieksplorasi, kebanyakan memilih penelitian berbau kurikulum untuk dijadikan skripsi. Keempat, jenis penelitian, penelitian skripsi mahasiswa mayoritas merupakan jenis penelitian deskriptif dengan data kualitatif dan memakai pendekatan pascapositivistik.
Sebagai masukan, penulis menyarankan agar mahasiswa konsentrasi pengembang pembelajaran lebih kreatif dalam mengkaji variable penelitian pembelajaran lain dalam skripsinya. Lebih baik lagi jika terkait dengan kajian yang merupakan area penelitian dua konsentrasi lainnya. Tujuan utamanya, tentu saja demi memecahkan masalah belajar, melalui penelitian yang bermakna.

Penulis:
Lian Anggraini
Yesi Kartikasari
Zahrotul Uyun


0 komentar: