This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Laman

Beberapa minggu ini gue keranjingan nonton serial drama asia. Gue gak terlalu suka nonton sinetron made in Indonesia coz ceritanya lebai banget dan terkesan gak logis. Yeah, meskipun ketidaklogisan cerita juga merupakan bagian dari eksplorasi ide cerita tapi menurut gue… gak banget deh…
Kenapa gue suka nonton serial drama asia like K-Drama or J-Drama? Karena kisah2nya interesting, explorasi ide cerita yang gak terbatas bikin audience betah berlama-lama di depan tv. Poin pentingnya neh, cerita mereka commonly original! Atau enggak adaptasi dari komik or novel. Bahkan nie, banyak kasus sinetron Indonesia tu ide ceritanya nyontek dari serial2 asia tersebut. Dalih mereka sih bilangnya adaptasi, gak mau jujur bilang ‘nyontek’.
Selain itu, gue nangkep kalo serial2 drama asia tu dibikinnya pol-polan sepenuh hati. Gak setengah-setengah. Mulai dari setting, tata suara, OST, wardrobe, actor aktrisnya, dll. Itulah kenapa serial tersebut jadi makin menarik. Sebagai contoh, serial Hana Yori Dango 1&2 tu banyak nerima pujian karena pengambilan gambar yang artistic. Angle di tiap scene diambil se artistic mungkin. Oh ya, selain itu banyak juga serial yang animasinya keren. Hasilnya tu drama makin dramatis abis. Gak heran banyak banget serial drama asia yang booming di asia.
Mm, soal kenapa jarang (bahkan gak ada!) sinetron Indonesia yang booming sampe abroad (minimal benua asia lah..) mungkin karena sinetron2 itu Cuma dibuat untuk sekadar menghibur ataupun sekadar pengisi slot tv yang kosong. Bikin sinetron trus jual ke tv. Udah beres! Jadi tu sinetron2 jadi kayak produk pabrikan yang agak ada taste estetikanya sama sekali.
Tapi… seperti yang udah gue bilang di atas, sukses tidaknya sebuah serial dipengaruhi oleh ide cerita selain packaging. Semakin orisinal dan menarik tu cerita makin besar peluang suksesnya. Nih, gara-gara boomingnya Meteor Garden, banyak banget deh serial yang ide cerita maupun karakternya mirip2 seperti itu.
Well, dan kenapa juga gue gak bosan nonton serial2 asia tsb? Coz gue lagi dalam rangka nambah informasi n inspirasi buat ngeksplor ide cerita. Gue pengen bgt bikin novel n cerpen yang ceritanya bener2 original, menarik dan disukai banyak orang. Someday gue penget banget cerita gue tu divisualisasikan baik dalam bentuk serial maupun movie. Semoga. Amin.

0 komentar: