This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Laman

Pesan Tersirat dalam komik

well, walaupun gw sukaaa bgt baca komik karena ide ceritanya yang unik2 sekaligus fantastis, tapi gw g suka ada lihat 'pesa2 tersirat maupun tersurat' dalam komik. kenapa? cauze there'are so many symbol of kristenisasi or budaya destruktif lainnya. syukur bgt deh gw udah belajar tentang Komunikasi Visual jadi tahu hal2 gituan. khususnya gw belajar tentang Media Literacy. Media Literacy tiu merupakan kemampuan membaca n menafsirkan pesan yang ada di sekitar kita baik tersirat maupun yang tersurat. inget lho, pesan disini bukan cuma sekedar SMS, email, or semacamnya, tapi, luaaaaas bgt. nanti juga law lu belajar tentang media literacy lu jg bakal ngerasain gimana rasanya pesan-pesan tu datang menubruk. masalahnya sekarang tu bagaimana caranya memilah, memilih pesan atau bahakn nge-heal or nge-ignored pesan tsb. bisa gila dong gw kalo dicekoki pesan2 trus harus menafsirkannya sekaligus.
contoh mengamalkan ilmu media literacy? ok gw kasih 1 contoh. waktu kita lihat gambar rokok yang disilang merah di suatu ruangan, apa yang lu lakukan kalo seandainya lu perokok? gak merokok karena melihat gambar/simbol itu? atau malah cuek sama sekali dengan menyalakan rokok? nah, jika lo sadar kalo di ruangan itu g boleh ngerokok karena ada tanda yang tadi, artinya lu udah mengamalkan yang namanya media literacy alias membaca pesan. di luar sana banyak baget orang berpendidikan tapi g punya kemampuan (mengamalkan) media literacy. misalnya, masih banyak yang parkir di tempat yang udah ada tanda g boleh parkir. tapi inget, dalam media literacy, pesan itu bukan cuma ditampilkan dalam bentuk gambar saja, ada berbagai bentuk yang lain. ntar gw ceritain.
balik ke pesan/simbol dalam komik. banyak cerita komik yang bersetting natal, valentine, promnite, dlll yang g sesuai sama kultur islam. apaan tuch valentine? natalan? pesta pernikahan di gereja? pleas dech di indonesia ini kan mayoritas remajanya beragama muslim. bukannya gw mendiskreditkan keyakinan lain tapi mencoba menguak agenda setting yang ada di komik. kalo remaja muslim udah dibiasaain ngelihat hal-hal yang kaya gitu, bukan mustahil mereka lebih familiar sama kultur luar dibanding kultur agamanya sendiri. kemungkinan yang paling mengerikan sih mereka bakal meragukan keyakinannya karena kultur agamanya dianggap g seru........
berlanjut ke culturdalam komik. lu lihat deh banyak adegan dalam komik remaja bahkan anak-anak yang mengumbar kekerasan, bahkan seks. kalo komik buat dewasa sih lain soal. adegan ciuman yang dilakukan pelajar smp dan sma dalam komik, itu g pantes dikonsumsi sama pelajar n anak indonesia. beda kalo yang baca tu udah gede misalnya anak kuliah, kan udah dianggap akil balig. gimana coba nasib anak indonesia kalo bacaannya dikit2 kekerasan, adegan berantem yang sadis, ciuman, dikit2 pelukan, backstreet, haiaaa..... miris aku
gw juga heran apa komik tu gak ada sensornya ya? inget donk kasus komik sinchan yang salah kaprah tu? harusnya kan sinchan tu dibaca golongan adult, bukan anak-anak or remaja coz kontennya itu lho, bikin sesek orang tua.
tapi, kenapa juga gw mau terus baca komik? tu karena gw udah nge-heal hal2 semacam-macam itu. mind gw udah di set sedemikan rupa sehingga gw cuma menikmati ide cerita komik, simbol2 serta budaya gak gw masukkin dalam hati. hei, gini-gini gw bukan cewek stupid. yang gw khawatirin tu teman2 and adek2 yang belum ngerti. jadinya mereka nelan mentah-mentah tu komik.
gw g ngelarang kalian adek2ku tuk g baca komik, tapi becareful ya.....

0 komentar: