This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Laman

Penelitian Skripsi Konsentrasi Pembelajaran di Jurusan Teknologi Pendidikan


     A.    Latar Belakang
Skripsi secara official merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian yang dibuat sebagai syarat kelulusan bagi seorang mahasiswa strata 1. Beragam topik atau masalah dapat diteliti dan dipecahkan melalui skripsi tersebut. Skripsi dapat juga disebut sebagai mahakarya mahasiswa, karena selama kurang lebih 4 tahun menuntut ilmu, segala pengetahuan yang didapatkannya dituangkan ke dalam bentuk skripsi. Penelitian skripsi itu tentu saja menggunakan berbagai jenis metode dan segala tetek bengek lainnya. Hal yang paling utama adalah tiap skripsi mempunyai ciri khas yang dapat ditinjau dari jenis penelitian yang dilakukan. Misalnya, penelitian skripsi ada yang jenis penelitiannya termasuk action research, sementara yang lainnya adalah penelitian evaluasi.
Sementara itu, Jurusan Teknologi Pendidikan yang mempunyai tiga konsentrasi juga menuntut mahasiswanya membuat penelitian skripsi yang sesuai dengan konsentrasinya. Masing-masing konsentrasi itu adalah teknologi kinerja, pembelajaran, dan media. Perbedaan kriteria ranah konsentrasi ini terkadang menghasilkan variasi jenis penelitian skripsi yang berbeda pada tiap konsentrasi. Rata-rata tiap periode kelulusan kurang lebih 30an skripsi mahasiswa TP dihasilkan. Ini sesuai dengan jumlah mahasiswa yang diwisuda. Jika tiga puluh skripsi itu dipukul rata dibagi tiga konsentrasi maka skripsi tiap konsentrasinya berjumlah 10 skripsi. Tahun terbitnya skripsi ini dari 2007 hingga 2011. D alam setahun, dua periode kelulusan, dapat dihitung berapa jumlah penelitian tiap konsentrasinya.
Terkait dengan konsentrasi di Jurusan Teknologi Pendidikan, yang menarik perhatian adalah konsentrasi pembelajaran. Konsentrasi pembelajaran tentu tidak kalah luas garapannya dengan konsentrasi lain. Produk maupun gagasan dapat dihasilkan melalui penelitian skripsinya. Penelitian dari konsentrasi pembelajaran pun banyak yang dilakukan di lapangan. Demikian juga dengan berbagai jenis penelitian yang dilakukan. Karena itu peneliti ingin mengetahui jenis-jenis penelitian apa saja yang dilakukan dalam penelitian skripsi  pada konsentrasi pembelajaran. Untuk penelitian ini peneliti mengambil sampel 10 skripsi konsentrasi pembelajaran yang diambil secara acak dari tahun 2007 hingga 2010. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti melakukan survei terhadap skripsi-skripsi tersebut demi mendapatkan data mengenai jenis-jenis penelitian pada skripsi konsentrasi pembelajaran yang terbit dalam kurun waktu 5 tahun.
B.    Data Penelitian
Berikut ini merupakan data hasil penelitian.

Gambar 1. Jenis Penelitian Berdasarkan Tingkat Explanasi


Dari gambar di atas terlihat bahwa jenis penelitian skripsi berdasarkan tingkat expalanasinya adalah peneltiian deskriptif, komparatif, asosiatif. Sebanyak 6 skripsi atau 60% merupakan jenis penelitian deskripsi. Tidak ada skripsi yang  jenis penelitiannya komparatif dan asosiatif.
Gambar 2. Jenis Penelitian Berdasarkan Metode

Pada gambar di atas terlihat bahwa jenis penelitian skripsi berdasarkan metode sejumlah 4 skripsi. 2 skripsi atau 20% merupakan jenis penelitian evaluasi. 2 skripsi lainnya, juga 20% termasuk dalam jenis penelitian PTK (action research).

Gambar 3. Jenis Penelitian Berdasarkan Data & Analisis

Dari gambar di atas diketahui bahwa jenis penelitian berdasarkan data dan analis yang berjumlah 10 skripsi terbagi atas jenis penelitian kualitatif & kuantitatif. Sebanyak 10 penelitian (100%) skripsi termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Sementara itu tidak ada penelitian skripsi yang merupakan jenis penelitian kuantitatif.
Gambar 4. Jenis Penelitian Berdasarkan Paradigma

Menurut gambar di atas, diketahui bahwa jenis penelitian skripsi berdasarkan paradigma terbagi dalam jenis penelitian positivistik dan pascapositivistik. Sebanyak 10 penelitian skripsi (100%) termasuk dalam jenis penelitian pascapositivistik. Tidak ada penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian positivistik.

Gambar 5. Jenis Penelitian Berdasarkan Tempat

Pada jenis penelitian skripsi berdasarkan tempat, terbagi atas penelitian laboratorium, kepustakaan, dan lapangan (kancah). Sebanyak 10 penelitian skripsi  (100%) termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Tidak ada penelitian skripsi yang masuk dalam kategori penelitian laboratorium dan kepustakaan.
C.     Pembahasan
Dari data-data  penelitian  di atas dapat diketahui bahwa jenis penelitian skripsi berdasarkan tingkat expalanasinya adalah jenis penelitian dekriptif, komparatif, dan asosiatif. Sebanyak 6 skripsi atau 60% merupakan jenis penelitian deskripsi. Tidak ada skripsi yang  jenis penelitiannya komparatif dan asosiatif. Ini menunjukan bahwa mayoritas jenis penelitian skripsi berdasarkan tingkat eksplanasinya adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian skripsi dilihat dari metodenya berjumlah 4 skripsi. 2 skripsi atau 20% merupakan jenis penelitian evaluasi. 2 skripsi lainnya, juga 20% termasuk dalam jenis penelitian PTK (action research). Dari 10 skripsi yang diteliti, 60% diantaranya adalah penelitian deskriptif. 20% termasuk dalam penelitian PTK sementara 20% lainnya termasuk dalam penelitian evaluasi.
Jenis penelitian lain, berdasarkan data dan analis terbagi atas jenis penelitian kualitatif & kuantitatif. Sebanyak 10 penelitian (100%) skripsi termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Sementara itu tidak ada penelitian skripsi yang merupakan jenis penelitian kuantitatif. Banyaknya (hingga seluruhnya) penelitian skripsi pada konsentrasi pembelajaran terkait dengan paradigma penelitian yang dianut oleh Teknologi Pendidikan, yaitu paradigma pascapositivistik.
Selanjutnya diketahui bahwa jenis penelitian skripsi berdasarkan paradigma terbagi dalam jenis penelitian positivistik dan pascapositivistik. Sebanyak 10 penelitian skripsi (100%) termasuk dalam jenis penelitian pascapositivistik. Tidak ada penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian positivistik. Karena ada keterkaitan dengan data dan analisis, pendekatan dalam berbagai penelitian dalam skripsi konsentrasi pembelajaran menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan pun akan berbeda dengan penelitian berparadigma positivistik. Penelitian skripsi, hasilnya, tidak dapat digeneralisasikan begitu saja. Secara sederhana, jika penelitian skripsi mengenai belajar seseorang, maka hasilnya hanya berlaku bagi orang tersebut dan tidak dapat digeneralisasikan.
Selain itu, pada jenis penelitian skripsi berdasarkan tempat, terbagi atas penelitian laboratorium, kepustakaan, dan lapangan (kancah). Sebanyak 10 penelitian skripsi  (100%) termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Tidak ada penelitian skripsi yang masuk dalam kategori penelitian laboratorium dan kepustakaan. Masih terhubung dengan paradigma penelitian, penelitian dalam ranah Teknologi Pendidikan, khususnya pada konsentrasi pembelajaran hampir semuanya berparadigma pascapositivistik. Hal ini berpengaruh langsung pada metode penelitian yang dilakukan. Dalam penelitian lapangan, peneliti melakukan penelitiannya langsung di tempat penelitian. Peneliti bahkan terlibat langsung dengan objek yang diteliti agar mendapatkan hasil yang akurat.
D.    Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, dapat diambil kesimpulan mengenai peta penelitian skripsi konsentrasi pembelajaran di Jurusan Teknologi Pendidikan sebagai berikut. 1) Dari 10 skripsi yang diteliti, 60% diantaranya adalah penelitian deskriptif. 20% termasuk dalam penelitian PTK sementara 20% lainnya termasuk dalam jenis penelitian evaluasi. 2) Mayoritas penelitian skripsi termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. 3) Keseluruhan penelitian skripsi menggunakan paradigma pascapositivistik, dan 4) mayoritas  penelitian skripsi (seluruhnya 100%) termasuk dalam jenis penelitian lapangan.
Kiranya kecenderungan penelitian skripsi konsentrasi pembelajaran yang berkutat pada penelitian kualitatif, deskriptif, lapangan, evaluasi, juga dengan paradigma pascapositivistik merupakan hal yang biasa. Paradigma positivistik memang cenderung mengarahkan mahasiswa dan penelitian skripsinya pada jenis penelitian tertentu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan mahasiswa TP yang akan mengambil skripsi bisa mengeksplor topik penelitian dan jenis penelitian lain secara kreatif tanpa keluar dari paradigma pascapositivistik yang seolah menjadi pakem bagi setiap penelitian skripsi di jurusan Teknologi Pendidikan.

E.     Daftar Pustaka
Siregar, O. (2010). Pertanyaan Seputar Metode Penelitian. Diakses tanggal 15 April 2012 dari  http://opang-innovationclass.blogspot.com/ penelitian 2011_03_01_archive.html
The AK3. ( 2011). Jenis Penelitian Berdasarkan Tempat. Diakses tanggal 15 April  2012 dari http://walangkopo99.blogspot.com/ jenis-penelitian-berdasarkan-tempat.html
Affandi, A. Metode penelitian Jenis dan Data. Diakses tanggal 15 April 2012  dari http://merahitam.com/metode-penelitian-jenis-dan-data.html
Indrayanto.  (2010) Jenis-jenis Penelitian. Diakses tanggal 15 April 2012 dari     http://id.shvoong.com/social-sciences/education/Jenis-Jenis Penelitian.htm

Penyusun:
Lian Anggraeni
Yesi Kartikasari
Zahrotul Uyun

1 komentar:

Mujib Ridwan mengatakan...

Penulisan sumber yang link blog saya salah tu, yg bener kan http://walangkopo99.blogspot.com/2011/02/jenis-penelitian-berdasarkan-tempat.html

Salam kenal dari pemilik blog Walangkopo99.